Risiko Porduksi Usahatani Bayam Di Kelurahan Siantan Hilir Kecamatan Pontianak Utara

Naomi Claudia Situmorang, Erlinda Yurisinthae, Wanti Fitrianti

Abstract


Kecamatan Pontianak Utara merupakan daerah penghasil komoditas sayuran tertinggi di Kota Pontianak dengan produksi bayam tertinggi diantara kecamatan lainnya, akan tetapi sebagai sentra penghasil bayam petani dihadapkan pada risiko produksi, yang dimana petani menjadi penentu ketersediaan bayam tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisi risiko produksi dan pengaruh faktor-faktor produksi terhadap risiko produksi usahatani bayam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif, data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder, penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin. Metode analisi data yang digunakan adalah koefisien variasi (CV) untuk melihat tingkat risiko produksi dan analisis regresi linear berganda dengan pendekatan fungsi variance produktivitas oleh Just and Pope untuk melihat pengaruh faktor-faktor produksi terhadap risiko produksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CV risiko produksi usahatani bayam sebesar 15% pada lahan ≥ 0,5 Ha dan 70% pada lahan < 0,5 Ha. Faktor risiko produksi yang berpengaruh nyata terhadap produksi bayam adalah pupuk urea.


Keywords


Risiko Produksi, Usahatani Bayam, Koefisien Variasi (CV), Just dan Pope

References


Badan Pusat Statistik. (2019). Kota Pontianak Dalam Angka. Kota Pontianak: Badan Pusat Statistik.

Darmansyah, E., Muani , A., & Radian. (2017). Analisis Risiko Produksi Usahatani Jeruk Siam Pontianak (Citrus nobilis var. Microcarpa) Di Kabupaten Sambas. Jurnal Social Economic of Agriculture, Vol.6(No.1), 13-23.

Ghozali, I. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Tahir, A. G. (2011). Analisis Risiko Produksi Usahatani Kedelai Pada Berbagai Tipe Lahan di Sulawesi Selatan. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, Vol.8(No.1).

Wijaya. (2006). Pengaruh Pupuk dan Nitrogen dan Jumlah Benih Per Lubang terhadap Pertumbuhan dan Hasil Bayam. Jurnal Agrijati, Vol 3(No 1), 42.


Full Text: PDF

DOI: 10.21776/ub.jepa.2022.006.02.33

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JEPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ISSN: 2598-8174