Peran Penyuluh Pertanian dalam Pengembangan Kelompok Tani Tanaman Hortikultura di Kecamatan Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara

Desy Natasha Marbun, Sriroso Satmoko, Siwi Gayatri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah peran penyuluh pertanian berpengaruh terhadap pengembangan kelompok tani tanaman hortikultura di Kecamatan Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2018 s/d Maret 2018 di Kecamatan Siborongborong. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil jumlah petani tanaman hortikultura di Kecamatan Siborongborong. Jumlah petani di penelitian ini adalah sebanyak 120 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Metode penentuan sampel yang dipilih adalah metode sampel berganda (multistage sampling). Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian uji F menunjukan bahwa peran penyuluh pertanian sebagai motivator, komunikator, fasilitator, dan inovator tidak berpengaruh secara serempak terhadap pengembangan kelompok tani, sedangkan hasil uji t peran penyuluh pertanian sebagai komunikator dan fasilitator secara parsial berpengaruh terhadap pengembangan kelompok tani, sedangkan peran penyuluh sebagai motivator dan inovator secara parsial tidak berpengaruh terhadap pengembangan kelompok tani di Kecamatan Siborongborong. Dari hasil ini disarankan agar para petani bekerjasama dalam merancang kegiatan kelompok, dan lebih mengedepankan partisipasi anggota dalam segala lini, mulai dari perencanaan sampai evaluasi kegiatan.

 


Keywords


Peran penyuluh, kelompok tani

References


Balai Penyuluhan Pertanian Kabupaten Tapanuli Utara. 2017. Data Kelompok Tani Di Kecamatan Siborongborong.

Gochran, W. G. 1997. Sampling Techniques, New York.

Hanun, H. 2011. Perbandingan Metode Stepwise, Best Subset Regresion, dan Fraksi Dalam Pemilihan Model Regresi Berganda Terbaik. Jurnal Penelitian Sains. (14) 2 : 1-6.

Koesmono. 2005. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Motivasi dan Kepuasan Kerja Serta Kinerja Karyawan pada Sub Sektor Industri Pengolahan Kayu Skala Menengah di Jawa. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol 7 no 2 hal 171-188. Surabaya: Universitas Katholik Widya Mandala.

Mardikanto, T. 2009. Penyuluhan Pembangunan Pertanian. Sebelas Maret University Press, Surakarta.

Najib, M. 2010. Peran Penyuluh Pertanian Dalam Pengeembangan Kelompok Tani Di Desa Bukit Raya Kecamatan Tangerang Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara Volume 28 Nomor 2, Juni 2010. Hal 116-128. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman. Kalimantan.

Suhardiyono. 1992. Penyuluh Petunjuk Bagi Pertanian. Erlangga, Jakarta.

Soeharto N.P. 2005. Program Penyuluhan Pertanian (materi dalam diklat dasar – dasar funsional penyuluh).

Soekanto, S. 2002. Teori Peranan, Bumi Aksara, Jakarta.


Full Text: PDF

DOI: 10.21776/ub.jepa.2019.003.03.9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 J E P A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ISSN: 2598-8174