Analisis Efisiensi Alokatif Penggunaan Faktor-Faktor Produksi Pada Usahatani Padi (Oryza Sativa L.) (Studi Kasus Di Desa Puhjarak, Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri)

Vifi Nurul, Muslich Mustadjab, Fahriyah Fahriyah

Abstract


Penelitian tentang analisis efisiensi alokatif usahatani padi di Desa Puhjarak penting dilakukan karena rendahnya produktivitas dan rendahnya pula pendapatan petani di Desa Puhjarak. Petani masih dapat meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman padi dengan penggunaan faktor-faktor produksi yang efisien, sehingga dapat meningkatkan pendapatan petani. Tujuan penelitian ini menganalisis sejauh mana efisiensi alokatif penggunaan faktor-faktor produksi oleh petani berpengaruh pada pendapatan petani padi. Metode analisis yang digunakan yaitu fungsi produksi Cobb-Douglas dan melihat nilai produk marginal NPM/Px dengan menggunakan stratified random sampling. Dari hasil analisis regresi diperoleh faktor-faktor produksi yang berpengaruh nyata terhadap produksi usahatani padi adalah benih, pestisida padat, pestisida cair, dan tenaga kerja. Nilai NPMx/Px semua faktor-faktor produksi yang berpengaruh > 1 sehingga penggunaannya belum efisien

Keywords


padi, usahatani, faktor produksi, efisiensi alokatif, nilai produk marginal

References


Asmara, R., & Pradana, A. E. (2011). Analisis Efisiensi Alokatif Agroindustri Chips Ubi Kayu Sebagai Bahan Baku Mocaf (Modified Cassava Flour) Di Kabupaten Trenggalek. Agricultural Socio-Economics Journal, 11(3); 206-218.

Badan Pusat Statistik. 2012. Data Tanaman Pangan. Diunduh di http://www.bps.go.id/tnmn_pgn.php?kat=3 [online], diakses tanggal 28 Februari 2012

. 2012. Statistik Daerah Kabupaten Kediri. Diunduh di http://kedirikab.bps.go.id/Ebook/statda2012/files/search/searchtext.xml [online], diakses tanggal 28 Februari 2013

. 2012. Kabupaten Kediri dalam Angka. BPS Kabupaten Kediri. Jawa Timur.

Indroyono. 2011. Analisis Efisiensi Alokatif Penggunaan Faktor Produksi pada Usahatani Bawang Merah di Desa Beji Kota Batu. Skripsi. Universitas Brawijaya. Malang.

Soekardono, Naingolan, dan N. Hanani. 2005. Teori Ekonomi Makro Pendekatan Grafis dan Matematis. Pondok Edukasi. Malang.

Soekartawi. 2002. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian Teori dan Aplikasi. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Saediman, H., Amini, A., & Basiru, R. (2015). Profitability and value addition in cassava processing in Buton district of Southeast Sulawesi Province, Indonesia. Journal of Sustainable Development, 8(1): 226-234.


Full Text: PDF

DOI: 10.21776/ub.jepa.2018.002.01.2

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 J E P A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ISSN: 2598-8174