Analisis Kontribusi Kategori Pertanian Terhadap PDRB Kabupaten Tasikmalaya

Iis Rina Mulyawati

Abstract


Kategori Pertanian merupakan penyumbang paling besar terhadap PDRB di Kabupaten Tasikmalaya selain Kategori Perdagangan, Kategori Konstruksi dan Industri Pengolahan. Kategori Pertanian merupakan penyerap tenaga kerja terbesar, dengan laju pertumbuhan yang cenderung  positif setiap tahunnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar kontribusi Kategori Pertanian terhadap pembentukan  PDRB di Kabupaten Tasikmalaya. Hasil dari penelitian ini adalah nilai produksi Kategori Pertanian Kabupaten Tasikmalaya dari tahun ke tahun mengalami peningkatan tetapi kontribusi Kategori Pertanian terhadap PDRB Kabupaten Tasikmalaya mengalami penurunan. Salah satu penyebab menurunnya peranan Pertanian adalah berkurangnya luas lahan pada lapangan usaha tersebut. Lambatnya kenaikan harga produk lapangan usaha tersebut dibandingkan produk lapangan usaha lain juga menjadi penyebab turunnya peranan lapangan usaha Pertanian (BPS Kabupaten Tasikmalaya, 2018).  produk petanian mengalami  semakin tergeser oleh besarnya kategori-kategori lain yang memberikan kontribusi yang terus mengalami peningkatan terhadap PDRB dan dikarenakan potensi ekonomi Kabupaten Tasikmalaya yang terus bergeser dari sektor Pertanian yang masuk dalam kelompok Primer ke kelompok tersier yang diantaranya adalah sektor Perdagangan.


Keywords


Keywords : GRDP, Agriculture Category, Primary Category Contributions

References


BPS, 2018, Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten Tasikmalaya Menurut Lapangan Usaha 2013-2017, Tasikmalaya

Hadi, Nachrowi dan Usman Hardius, 2004, “Pendekatan Populer dan Praktis Ekonomitrika Untuk Analisis Ekonomi dan Keuangan”, Jakarta: FE-UI.

Jhingan, M.L, 2002, “Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan”, Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada.

Setiawan, Sigit & Rudi Handoko, 2005, “Pertumbuhan Ekonomi 2006: Suatu Estimasi dan Arah Pencapaian Pertumbuhan yang Merata dan Berkualitas, Kajian Ekonomi dan Keuangan”, Vol. 9.

Soekartawi, (2004), “Pengantar Ekonomi Makro”, Yogyakarta : BPFE.

Sukirno, Sadono, (2004), “Ekonomi Pembangunan di Dunia Ketiga”, Jakarta :Erlangga.


Full Text: PDF

DOI: 10.21776/ub.jepa.2019.003.03.13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 J E P A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ISSN: 2598-8174