Efektivitas Penggunaan Instagram Melalui Dua Tahap Analisis pada Zanana dan Oifyoo

Anastasya Maharani, Irfan Ardiansah, Totok Pujianto

Abstract


Penggunaan media sosial dalam pemasaran suatu barang atau jasa sedang marak dilakukan oleh para pelaku usaha mulai dari usaha yang berskala kecil sampai besar. Zanana dan Oifyoo merupakan salah satu dari usaha kecil dan menengah yang sudah melakukan pemasaran produknya melalui media sosial Instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media sosial Instagram sebagai media pemasaran online pada Zanana dan Oifyoo. Zanana mempunyai tim marketing khusus untuk mengelola akun Instagram, sedangkan akun Instagram Oifyoo dikelola langsung oleh pemiliknya. Analisis efektivitas penggunaan Instagram sangat dibutuhkan guna meningkatkan usaha baik dari segi pemasaran, penjualan, ataupun branding yang disesuaikan dengan karakteristik konsumen saat ini. Tahapan penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam untuk data primer dan data dari laman Instagram Zanana dan Oifyoo untuk data sekunder. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah media analysis dan network analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Zanana lebih unggul dalam efektivitas penggunaan Instagram dari segi media analysis dan network analysis dibandingkan dengan Oifyoo.


Keywords


Efektivitas; Instagram; Network analysis; Media analysis

References


Ardianto, R., Kastaman, R. and Ardiansah, I. (2017) ‘Design of Competitiveness Index Software of Food Small Medium Enterprises (SMEs) With Diamond Porter Model Adaptation’, Journal of Industrial and Information Technology in Agriculture, 1(2), pp. 53–63.

Miles, M. B. and Huberman, M. A. (2014) Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.

Purwidiantoro, M. H. (2016) ‘Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM)’, EKA CIDA, 1.

Rusdin, Suryanto and Muttaqin, Z. (2015) ‘Model Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Berbasis Kolaborasi’, pp. 1–32.

Saputri, M. E. (2016) ‘Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Pembelian Online Produk Fashion pada Zalora Indonesia’, Jurnal Sosioteknologi, 15.

Sun, T. (2004) Knowledge Required to Achieve Entrepreneurial Success. University of Phoenix.

Sutanto, H. (2017) ‘Efektivitas Penggunaan Instagram melalui Tiga Tahap Analisis pada Bebini Gelati Cafe’, AGORA, 5.


Full Text: PDF

DOI: 10.21776/ub.jepa.2020.004.02.1

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 J E P A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ISSN: 2598-8174