Identifikasi Proses Bisnis dan Strategi Pengembangan Usaha di UKM Nugini Menggunakan Analisis SWOT

Estha Triani Juansah, Devi Maulida Rahmah, Irfan Ardiansah

Abstract


Penelitian ini merupakan observasi lapangan pada Usaha kecil menengah (UKM) yang merupakan salah satu tulang punggung sistem ekonomi rakyat. UKM pada sektor pangan merupakan usaha dengan bantuan teknologi, modal, tenaga kerja dan manajemen. Nugini merupakan salah satu UKM yang bergerak pada sektor pengolahan pangan yang terletak di kota Cimahi. UKM Nugini ikut serta memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar khususnya ibu rumah tangga. UKM sering kali menghadapi beberapa kendala baik kondisi internal maupun kondisi eksternal sehingga dibutuhkan strategi bisnis yang dapat mengembangkan usaha dan menentukan strategi agar dapat terus bersaing. Analisis SWOT merupakan salah satu metode untuk menganalisa perkembangan bisnis dengan memanfaatkan kondisi lingkungan internal sebagai kekuatan dan meminimalkan kelemahan yang ada, lingkungan eksternal dapat dijadikan peluang yang menguntungkan. Analisis SWOT kualitatif dilakukan dengan mengetahui faktor internal dan faktor eksternal UKM. Analisis SWOT kuantitatif dilakukan dengan melakukan pembobotan dan pemeringkatan terhadap faktor internal dan faktor eksternal oleh 10 responden dari internal dan eksternal UKM. Hasil analisis SWOT kuantitatif menunjukkan UKM Nugini berada pada kuadran III dengan (-0.09,+0.74). Posisi UKM Nugini menandakan internal perusahaan yang lemah namun memiliki peluang yang baik. Perubahan strategi sangat di sarankan karena perusahaan harus memanfaatkan peluang yang ada dan dikhawatirkan strategi yang lama tidak memanfaatkan peluang dengan maksimal.


Keywords


Usaha Kecil Menengah (UKM), Strategi Usaha, Analisis SWOT

References


Hubeis, M., Purwanto, B., Dewi, F. R., Widyastuti, H., & Febtyanisa, M. (2015). Strategi Pengembangan UMKM Pangan Yang Berdaya Saing Di Indonesia. Prosiding Seminar Hasil-Hasil PPM, I(1), 126–143.

Kurniawan, M., & Haryati, N. (2017). Analisis strategi pengembangan usaha minuman sari buah sirsak. Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 6(2), 97–102. https://doi.org/10.21776/ub.industria.2017.006.02.6

Purnomo, & Hadi, Y. (2018). Analisis SWOT dan Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Daya Saing UKM Es Puter di Kota Malang. Jurnal Teknologi, Informasi, Dan Industri, I(1).

Rahman, J. F., & Rahmah, D. M. (2018). Identification of Business Processes and Strategies in Kadatuan Koffie Using SWOT Analysis. Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 7(3), 161–169. https://doi.org/10.21776/ub.industria.2018.007.03.4

Rangkuti, F. (2008). Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.


Full Text: PDF

DOI: 10.21776/ub.jepa.2020.004.02.3

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JEPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ISSN: 2598-8174