Pengendalian Persediaan Bahan Baku Teh Hijau di CV. XY Kota Cimahi

Putri Ghita Nadhira, Lucyana Trimo

Abstract


Persediaan bahan baku menjadi penting karena berpengaruh terhadap biaya dan proses produksi. Jika jumlah persediaan terlalu kecil maka akan mengganggu proses produksi dan menghilangkan kesempatan mendapat keuntungan besar. Sedangkan pembelian dalam jumlah besar berakibat pada membengkaknya biaya penyimpanan sehingga dana yang terserap terlalu besar dan hal tersebut merupakan pemborosan. CV. XY belum menggunakan metode pengendalian persediaan tertentu dalam melakukan perencanaan bahan baku sehingga perusahaan memiliki persediaan bahan baku melebihi kebutuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui persediaan bahan baku teh hijau yang optimal. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan teknik penelitian studi kasus. Analisis data menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ) untuk mengetahui persediaan optimal. Hasil penelitian menunjukkan pengendalian persediaan bahan baku yang dilakukan oleh CV. XY yaitu dalam menentukan jumlah pembelian bahan baku, perusahaan tidak menggunakan metode khusus, hanya berdasarkan perkiraan dan data-data masa lalu. Metode EOQ dapat digunakan dalam melakukan pengendalian bahan baku teh hijau karena dapat menghemat biaya persediaan sebesar Rp 1.685.397 atau sebesar 40%.


Keywords


Persediaan, Economic Order Quantity, Teh Hijau, Bahan Baku

References


Aryo, W., Indradewa, D., & Putra, E. T. S. (2015). Kuantitas dan Kualitas Hasil Pucuk Enam Klon Teh Sinensis (Camellia Sinensis (L.) O. Kuntze var Sinensis) di Bagian Kebun Kayulandak, PT. Pagilaran. Vegetalika, 4, 42–56.

Assauri, S. (2008). Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Handoko, T. H. (2014). Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi (I). Yogyakarta: BPFE.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiono, A. (2009). Manajemen Keuangan untuk Praktisi Keuangan. Jakarta: Grasindo.

Zikria, R. (2017). Outlook Teh 2017. Retrieved from http://epublikasi.setjen.pertanian.go.id/arsip-outlook/75-outlook-perkebunan/545-outlook-teh-2017


Full Text: PDF

DOI: 10.21776/ub.jepa.2020.004.02.6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 J E P A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ISSN: 2598-8174