Analisis Pemetaan Penilaian Responden terhadap Atribut Video Penyuluhan Komoditas Cabai di Desa Buluh Rampai Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu

fitrisya indriana, Fajar Restuhadi, Deby Kurnia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kesukaan petani terhadap 8 jenis video penyuluhan komoditas cabai, serta mengidentifikasi dan menganalisis atribut yang mempengaruhi daya tarik video penyuluhan. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja dengan dasar pertimbangan tempat tersebut memiliki kelompoktani yang aktif di Desa Buluh Rampai. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari expert yang berjumlah 12 panelis yang digunakan untuk penilaian atribut dan 100 panelis petani pemula dan lanjutan untuk penilaian tingkat kesukaan terhadap video. Penelitian ini dilakukan secara eksperimen sosial dengan delapan video, yaitu tentang budidaya tanaman cabai. Analisis sensori yang dilakukan adalah uji hedonik dan uji deskriptif.  Hasil analisis cluster (AHC) dari uji hedonik dan analisis Principal Component Analysis (PCA) dari uji deskriptif selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik preference mapping. Video terbaik dari penelitian ini adalah video nomor 8 dengan tingkat kesukaan responden sebesar 86% dan memiliki karakteristik kisah cerita, transisi, audio, narasi, sound effect, backsound, movie, visual, warna dan durasi.


Keywords


Kesukaan; Video penyuluhan; Atribut video; Preference mapping

References


Esbensen, et al. 1994. Multivariate Analysis in Practice. Wennbergs Trykkeri, AS, Trondheim.

Martinez, C. 2001. Preference mapping of cracker type biscuits. Journal Food Quality and Preference, volume 1(3):535-544.

Setyaningsih, D., A. Apriyantono dan M.P. Sari. 2010. Analisis Sensori untuk Industri Pangan dan Agro.Institut Pertanian Bogor Press. Bogor.

Wagiyono, 2003. Menguji Kesukaan Secara Organoleptik, Bagian Proyek pengembangan Kurikulum. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Departemen Pendidikan Nasional. (di www.google.co.id, diakses pada tanggal 18 September 2018).

Yenket, R. 2011. Understanding Methods for Internal and Eksternal Preference Mapping and Clustering in Sensory Analysis. Disertation. Kansas State University. Manhattan, Kansas.


Full Text: PDF

DOI: 10.21776/ub.jepa.2020.004.02.14

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 J E P A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ISSN: 2598-8174