Persepsi Petani terhadap Penggunaan Alat dan Mesin Pertanian Hand Tractor di Kelompok Tani Serbaguna Desa Prigi Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek

Oelfatun Sa'diyyah, Dwi Dwi Purnomo, Joko Gagung

Abstract


Alat dan mesin pertanian memiliki peran yang penting dalam proses budidaya tanaman  yang membantu petani mulai dari proses pengolahan lahan hingga pengolahan hasil pertanian dan membantu mengatasi jumlah tenaga kerja pertanian yang berkurang. Dalam memahami sebuah inovasi baru petani biasanya akan mengalami proses persepsi sebelum mengadopsi inovasi baru tersebut.  Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi petani terhadap penggunaan hand tractor dalam proses pengolahan lahan sawah. Data yang diambil dari data primer yang meliputi karakteristik petani dan persepsi petani terhadap penggunaan hand tractor dalam proses pengolahan lahan sawah. Persepsi petani terhadap penggunaan hand tractor dalam proses pengolahan lahan sawah diukur menggunakan skala liker dengan skor 1 (sangat tidak setuju) sampai skor 5 (sangat setuju). Dan dianalisis menggunakan analisis kuantitatif deskriptif yang menunjukkan persepsi petani terhadap penggunaan hand tractor baik. Efektivitas penggunaan hand tractor di kelompoktani Serbaguna  menunjukkan bahwa penggunaan hand tractor pada luas lahan 0,25 ha memerlukan waktu pengolahan 2 jam dengan biaya Rp. 175.000. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah kelompoktani Serbaguna di Desa Prigi kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Penyuluhan yang disampaikan adalah mengenai perbandingan biaya penggunaan pengolahan lahan menggunakan hand tractor, cangkul, dan hewan ternak, media yang digunakan adalah slide power point dengan metode ceramah dan diskusi. Hasil evaluasi yang terhadap penyuluhan yang dilaksanakan menunjukkan tingkat pengetahuan petani setelah dilakukannya penyuluhan sebesar 98%.


Keywords


efektivitas pengolahan lahan

References


Mardinata, Zulias. Zulkifli. 2014. Analisis Kapasitas Kerja dan Kebutuhan Bahan Bakar Traktor Tangan Berdasarkan Variasi Pola Pengolahan Tanah, Kedalaman Pembajakan dan Kecepatan Kerja. Jurnal AGRITECH. Vol. 34. No. 3. 354-358.

Mikasari, Wilda dan Alfayanti. 2012. Persepsi Petani terhadap Pemanfaatan Alat Mesin Pertanian Vaccum Frying dalam Pengolahan Hasil Pertanian. Balai Pengkajian teknologi Pertanian Bengkulu.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Yukl, Gary, 1994, Kepemimpinan dalam Organisasi. Jakarta: PT. Indeks.


Full Text: PDF

DOI: 10.21776/ub.jepa.2020.004.03.04

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 J E P A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ISSN: 2598-8174