Pengaruh Pengambilan Keputusan Petani pada Sistem Penjualan Padi (Oryza Sativa L.) Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usahatani (Studi Kasus di Desa Watugede, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang)

Dewi Mardia Ulfa, Mochammad Muslich Mustadjab

Abstract


Pendapatan petani harus lebih ditingkatkan dengan berbagai cara dan strategi baik dari sistem usahatani yang dilakukan sampai dengan sistem penjualan. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menganalisis “Sejauh mana keputusan petani memilih cara penjualan berpengaruh pada tingkat pendapatan usahatani padi”. Penelitian dilakukan di Desa Watugede pada bulan April-Juni 2016. Penentuan besarnya sampel menggunakan Cluster Random Sampling yaitu pengambilan sampel pada petani yang menggunakan sistem tebasan dan petani yang menggunakan sistem tidak tebasan.  Selanjutnya besarnya sampel pada masing-masing kelompok dilakukan penentuan sampel secara Proportionate Stratified Random Sampling.

Metode analisis regresi berganda, pengaruh antara sistem penjualan dengan pendapatan usahatani padi diperoleh kesimpulan bahwa sistem penjualan berpengaruh positif terhadap pendapatan usahatani padi. Saran untuk pemerintah atau pihak terkait yaitu sebaiknya diadakannya koperasi simpan pinjam atau unit permodalan kepada petani sehingga petani dapat meminjam modal untuk pembiayaan panen dan pasca panen.

Kata kunci: Sistem penjualan, tebasan, tidak tebasan, padi, pendapatan.


Keywords


sistem penjualan, tebasan, pendapatan

References


Anggarani, Satiti. 2012. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Petani Padi. Skripsi Fakultas Ekonomi Jurusan Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta

Asmara, R., & Suryaningtyas, R. (2011). Analisis Usahatani Manggis Dan Faktor-Faktor Sosial Ekonomi Yang Mempengaruhi Keputusan Petani Memasarkan Hasil Usahatani Manggis Dengan Sistem Ijon. Agricultural Socio-Economics Journal, 11(2), 129.

Dewi, R. K. dan Sudiartini. 1999. Faktor Sosial Ekonomi yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Petani dalam Sistem Penjualan Padi. Jurnal Jurusan Sosial Ekonomi. FP Universitas Udayana.Bali.

Prasetyo, A. Dkk. 2013. Studi Komparatif Sistem Penjualan Buah Durian (Durio Zibethinus Murr) Secara Tebasan dan Tidak Tebasan Di Desa Somongari Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo. Surya Agritama. Fakultas Pertanian.

Windia, I W., A. Kusasi, I W. Widyantara, E. Lallo, dan I D. G. Agung, 1988, Dampak Sistem Tebasan Terhadap Pengamanan Harga Dasar Kualitas Gabahdan Pendapatan Petani di Bali, Dalam Majalah Ilmiah FP Unud, Denpasar, No. 12 Tahun VIII.


Full Text: PDF

DOI: 10.21776/ub.jepa.2017.001.01.1

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 J E P A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ISSN: 2598-8174