Perancangan Model Bisnis Berbasis Sosial pada Pasar Tradisional di Kota Bandung Dengan Business Model Canvas

Ananda Dwi Julistya, Dwi Purnomo

Abstract


Keberadaan pasar tradisional dari waktu ke waktu semakin terancam dengan semakin maraknya pembangunan pasar modern. Diperburuk dengan citra yang melekat bahwa pasar merupakan tempat yang kumuh, bau dan kotor. Fungsi pasar tradisional saat ini juga telah mengalami pergeseran akibat perubahan gaya hidup dan akses informasi yang memiliki peranan besar dalam mengubah perilaku masyarakat. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keunggulan dan mengembangkan pasar tradisional agar dapat bersaing dengan pasar modern  adalah dengan menggunakan tools dari Business Model Canvas (BMC). Desain tabel yang komprehensif menjadi salah satu keunggulan untuk memudahkan penggambaran dan memvisualisasikan komponen bisnis. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan rancangan model bisnis yang ideal pada pasar tradisional melalui objek penelitian pada pasar Cihapit, pasar Sederhana dan pasar Batununggal. Model bisnis yang dirancang menggunakan model bisnis kanvas harus divalidasi terlebih dahulu sebelum menjalankannya agar dapat diketahui model bisnis yang dirancang sudah baik atau perlu perbaikan. Rancangan model bisnis pada pasar tradisional telah melakukan verifikasi kepada pakar dan praktisi yang terkait dengan kegiatan pasar tradisional yang kemudian divalidasi menggunakan uji validitas reliabilitas. Hasil verifikasi menemukan bahwa masih ada blok yang belum optimal atau baik maka diperlukan perbaikan untuk mencegah terjadinya potensi kegagalan dan kesulitan dalam melakukan kegiatan bisnis.

Keywords


Business Model Canvas (BMC), Sosial, Pasar Tradisional

References


Badan Pusat Statistik. (2017). Direktori Pasar Tradisional Dan Pusat Perbelanjaan. Jakarta.

Candrawati, A. . K. S. (2015). Pasar Modern Dan Pasar Tradisional Dalam Gaya Hidup Masyarakat Di Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali, 224–231.

Osterwalder, A. (2010). Business Model Generation.

Pahlevi, G. R. (2016). Model Bisnis Biobriket Berbahan Baku Rami (Boehmeria Nivea) Dengan Pendekatan Design Thinking.

Surjogondokusumo, B. N., & Indriyani, R. (2016). Analisis Model Bisnis Pada Restoran Yung Ho Dengan Menggunakan Business Model Canvas, 4(2), 229–237.

Qastharin, A.R. (2014). Business Model Canvas for Social Enterprise.


Full Text: PDF

DOI: 10.21776/ub.jepa.2021.005.01.06

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 J E P A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ISSN: 2598-8174