Analisis Faktor - Faktor Produksi Dan Pendapatan Usahatani Kedelai Peserta Program Bantuan Kerjasama Bank Indonesia Kedelai Grobokan (Studi Kasus Di Desa Takeranklating, Kecamatan Tikung, Kabupaten Lamongan)

Dhyaksa Anggara Nugraha, Abdul Wahib Muhaimin

Abstract


Kedelai merupakan salah satu tanaman pertanian yang turut berperan penting didalamnya. Salah satu provinsi di Indonesia yang menyumbang produksi kedelai terbesar di Indosesia yaitu Jawa Timur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor–faktor produksi yang berpengaruh terhadap produksi kedelai, menganalisis tingkat penggunaan faktor–faktor produksi terhadap produksi kedelai, menganalisis pendapatan petani kedelai yang mengikuti Program Bantuan Kerjasama Bank Indonesia Kedelai Grobokan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, serta dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu metode analisis Coub Douglas dan analisis usaha tani. Hasil penelitian ini yaitu berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan uji F di atas adalah ke-5 variabbel independen yaitu luas lahan (X1), pupuk (X2), pestisida (X3), benih (X4), dan tenaga kerja (X5) mempunyai pengaruh yang signifikan (bermakna) secara simultan (bersama-sama) terhadap produksi kedelai. Namun secara parsial, hanya variabel luas lahan (X1), pupuk (X2), benih (X4), dan tenaga kerja (X5) yang berpengaruh signifikan terhadap produksi kedelai tersebut. Tingkat elastisitas keseluruhan variabel adalah 1,214. Total pendapatan usahatani kedelai yaitu sebesar Rp 140.696.875,00. Berdasarkan hasil kelayakan usahatani didapatlan R/C rasio sebesar 2,9. Hal ini berarti usahatani kedelai di Desa Takeranklating, Kecamatan Tikung, Kabupaten Lamongan layak untuk diusahakan.

Keywords


Kedelai, Faktor Produksi, Analisis Usahatani, Coub Douglas, Lamongan

References


Algifari. 1997. Statistik Induktif untuk Ekonomi dan Bisnis. Akademi Manajemen Instansi Kementrian Agama YKPN. Yogyakarta.

BPS Lamongan, 2017. Produksi Tanaman Kedelai Kabupaten Lamongan. Badan Pusat Statistika Lamongan.

Ghozali, Imam. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi 1. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. . Semarang.

Santoso,S. 2003. Buku Statistik Multivariat. Penerbit PT Elex Media Komputindo. Jakarta

________. 2004. Buku Statistik Parametrik. Cetakan keempat. Penerbit PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

Soekartawi1990. Teori Ekonomi Produksi dengan Pokok Bahasa Analisis Fungsi Cobb-Douglas. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Suryamin. 2015. 5 Sektor Penyumbang Terbesar Pertumbuhan Ekonomi RI. www.ekbis.sindonews.com/read/997551/33/5-sektor-penyumbang-terbesar-pertumbuhan-ekonomi-ri-1430809457. Diakses pada 03 Januari 2017.

Rizqi, Ema P. 2015. Analisis Efisiensi alokatif Faktor – Faktor Produksi dan Pendapatan Usahatani Kedelai. Skripsi. Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Brawijaya. Malang


Full Text: PDF

DOI: 10.21776/ub.jepa.2018.002.03.6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 J E P A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ISSN: 2598-8174