Analisis Efisiensi Teknis Penggunaan Faktor Produksi Pertanian Pada Usahatani Tembakau (Studi Kasus Di Desa Polagan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan)

Moh. Lutfi, Nur Baladina

Abstract


Desa Polagan merupakan salah satu Desa yang berada di Kecamatan Galis. Tanaman Tembakau di Desa Polagan merupakan tanaman unggulan, tetapi produktivitas tanaman Tembakau di Desa ini masih dibawah Desa lain yang berada di Kecamatan Galis. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana tingkat efisiensi teknis usahatani tembakau berpengaruh pada tingkat produksi usahataninya. Goal penelitian ini yaitu peningkatan produksi usahatani tembakau. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menganalisis fungsi produksi usahatani tembakau, (2) menganalisis tingkat efisiensi teknis usahatani tembakau dan (3) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi efisiensi teknis usahatani tembakau. Metode analisis data menggunakan analisis fungsi produksi Stochastic Frontier. Hasil penelitian menunjukan bahwa, faktor-faktor produksi yang berpengaruh nyata terhadap produksi usahatani tembakau adalah luas lahan, pupuk organik dan pupuk kimia. Tingkat efisiensi teknis yang dicapai petani tembakau di Desa Polagan memiliki rata-rata sebesar 0,78. Faktor-faktor yang berpengaruh nyata terhadap efisiensi teknis adalah penggunaan umur dan pengalaman berusahatani. Untuk meningkatkan produksi tembakau, dapat melalui intensifikasi, yaitu dengan cara menambahkan input produksi seperti penggunaan pupuk organik dan pupuk kimia.

Keywords


Tembakau, Stochastic Frontier, Efisiensi Teknis

References


BPS. 2016. Kecamatan Galis Dalam Angka 2016. Retrieved 15 Juni 2017, from http://www.bps.go.id.

Battese, G.E and T.J. Coelli. 1993. A Stochastic Frontier Production Function Incorporating A Model For Tecnhical Inneficiency Effects. Departemen of Econometric. University of New England. NSW: P 22.

Coelli, Timothy J., Rao, DS Prasada., O’Donell, Christopher J., Battesse, George E. 1998. An Introduction to Efficiencyand Productivity Analysis. Springer. USA.

Fauziyah Elys. 2010. Analisis Efisiensi Teknis Usahatani Tembakau (suatu Kajian dengan Menggunakan fungsi produksi frontier stokhastik). Jurnal. Bangkalan. Universitas Trunojoyo.

Kementerian Keuangan RI, D. J. (2016). Kebijakan Cukai Hasil Tembakau. Retrieved Juni 25, 2017, from www.ortax.org

Menteri Perkebunan, 2015. Petunjuk Teknis Pemanfaatan Dana Alokasi Khusus Bidang Perkebunan Tahun 2015. Menteri Perkebunan. Jakarta.


Full Text: PDF

DOI: 10.21776/ub.jepa.2018.002.03.7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 J E P A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ISSN: 2598-8174