Evaluasi Pemasaran Gula Kelapa Kristal di Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas

Suyono Suyono, Herry Koesoema Ellijanto, Tatang Widjojoko, Sunendar Sunendar

Abstract


Gula kelapa kristal adalah salah satu produk khas Kabupaten Banyumas. Sentra produksi gula kelapa kristal di Kabupaten Banyumas berada di Kecamatan Cilongok. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengevaluasi lingkungan pemasaran gula kelapa kristal asal Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Tujuan khusus dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaku pemasaran gula kelapa kristal dan fungsi yang dilakukan, menganalisis struktur pasar di daerah produsen, menganalisis elemen yang dominan dalam penentuan harga gula kristal di pasar daerah produsen, mengevaluasi pola saluran pemasaran gula kelapa kristal  dari produsen sampai konsumen akhir, dan mengetahui kinerja pemasaran gula kelapa kristal. Untuk mengevaluasi pemasaran gula kelapa kristal digunakan analisis deskriptif, analisis marjin, farmer’s share, analisis profit marjin, analisis efisiensi teknis dan ekonomis, dan market share. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembaga yang terlibat dalam pemasaran gula kelapa kristal di Kecamatan Cilongok meliputi: produsen, pedagang pengumpul kecil, pedagang pengumpul besar, koperasi dan pedagang pemasok, struktur pasar gula kristal di tingkat produsen dan pada tingkat pedagang dari sisi pembeli cenderung kurang kompetitif, pihak yang dominan dalam penentuan harga pasar di daerah produsen adalah pihak pembeli, terdapat tiga pola saluran pemasaran gula kelapa kristal di wilayah penelitian, kinerja pasar pada pemasaran gula kelapa kristal masih kurang baik.


Keywords


Gula Kelapa Kristal; Kinerja Pemasaran; Pola Saluran; Struktur Pasar

References


Aisyah, M. N., Nugroho, M. A. and Sagoro, E. M. (2013) ‘Pengaruh Technology Readiness Terhadap Penerimaan Teknologi Komputer Pada Umkm Di Yogyakarta’, Jurnal Economia, 10, pp. 105–119.

Anonim (2017) Data Industri Gula Kelapa Kabupaten Banyumas. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupuaten Banyumas.

Indrarosa, D. (2016) Pengkajian Struktur Pasar dan Marjin Pemasaran Pada Komoditi Beras di Kabupaten Malang. Universitas Brawijaya.

Mau, M. C., Darwanto, D. H. and Masyhuri, M. M. (2018) ‘Patterns and Determinant Factors Of Arabica Coffee’s Marketing Margin In Ngada Regency’, Agro Ekonomi, 29(1), p. 102. doi: 10.22146/ae.31379.

Sudiyono (2004) Pemasaran Pertanian. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Suyono and Purwastuti (2011) ‘Efisiensi Pemasaran Nilam (Pogostemon cablin) di Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah’, Jurnal Agrin, 15(2), pp. 143–152.

Yuniarti, D., Rahayu, E. S. and Harisudin, M. (2017) ‘Saluran Pemasaran Beras Organik Di Kabupaten Boyolali’, Agrisocionomics, 1(2), pp. 112–121.


Full Text: PDF

DOI: 10.21776/ub.jepa.2021.005.01.20

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 J E P A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ISSN: 2598-8174