Strategi Promosi dalam Meningkatkan Brand Awareness melalui Media Sosial Instagram pada Startup Trafeeka Coffee

Ulan Rahmadhani, Dwi Purnomo, Totok Pujianto

Abstract


Persaingan bisnis dari waktu ke waktu semakin ketat yang menuntut para pelaku usaha baru (startup) untuk lebih kreatif dalam melakukan inovasi terhadap bisnis yang ingin dirintis dan dikembangkan. Pelaku usaha startup harus bisa menarik minat konsumen terhadap produk ataupun jasa yang ditawarkan. Tantangan dalam memulai sebuah bisnis diantaranya yaitu bagaimana agar produk dapat dikenal oleh masyarakat, hal ini erat kaitannya dengan membangun sebuah merek (brand). Salah satu yang dapat membangun sebuah merek yaitu kesadaran merek (brand awareness), kesadaran merek merupakan kemampuan sebuah merek untuk muncul dalam pikiran konsumen ketika sedang memikirkan suatu kategori produk tertentu. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesadaran merek adalah dengan melakukan kegiatan promosi. Promosi digunakan untuk membujuk masyarakat agar mau membeli produk yang ditawarkan, penggunaan strategi promosi yang tepat dan sesuai dengan pasar akan berpengaruh kepada penjualan produk dan kesadaran merek. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran merek dengan melakukan kegiatan promosi pada media sosial Instagram melalui objek penelitian pada startup Trafeeka Coffee. Kegiatan promosi akan difokuskan melalui konten yang akan diunggah pada media sosial Instagram, konten akan dirancang menggunakan pendekatan design thinking sehingga didapatkan rancangan konten yang sesuai dengan keinginan audience. Terdapat lima tahapan design thinking yang digunakan pada penelitian ini yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa Trafeeka Coffee harus terus melakukan perbaikan terhadap kegiatan promosi dan konten Instagram Trafeeka Coffee dalam upaya meningkatkan kesadaran merek ke tingkatan yang lebih tinggi.


Keywords


Kesadaran merek, promosi, Instagram, design thinking

References


Aaker, D. a. (1991). Managing Brand Equity: Capitalizing on the Value of a Brand Name. The Free Press.

Institute of Design Stanford University. (2009). Bootcamp Bootleg.

Keller, K. L. (2012). Strategic Brand Management (Building, Measuring, and Managing Brand Equity) (4th ed.). Pearson Education.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing: Global Edition (14th ed.). US: Pearson Education, Inc.

Purnomo, D. (2013). Konsep Design Thinking Bagi Pengembangan Rencana Program dan Pembelajaran Kreatif Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi.


Full Text: PDF

DOI: 10.21776/ub.jepa.2021.005.02.09

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 J E P A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ISSN: 2598-8174