Analisis Rantai Pasok dan Peran Lembaga yang Terlibat dalam Pemasaran Pepaya di Kecamatan Payakumbuh Utara Kota Payakumbuh

Husnarti Husnarti, Romi Handayani

Abstract


Meningkatnya permintaan konsumen terhadap buah pepaya mendorong pelaku yang berada dalam rantai pasok pepaya melakukan peran yang maksimal dalam menyalurkan  pepaya mulai dari petani hingga ke konsumen sehingga dapat memenuhi keinginan konsumen tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: 1) pola aliran rantai pasok pepaya di kecamatan payakumbuh utara dan 2) untuk mengetahui peran lembaga yang terlibat dalam pemasaran pepaya tersebut. Lokasi penelitian dipilih secara sengaja di Kecamatan Payakumbuh Utara. Informan ambil dengan menggunakan teknik snowball. Data sekunder dan primer yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan aliran produk, uang dan informasi yang terjadi pada rantai pasok pepaya di Kecamatan Payakumbuh terjadi dalam bentuk 8 pola yang melibatkan 6 pelaku secara langsung yaitu petani, pedagang pengumpul, gudang, pedagang besar, pedagagang pengecer dan konsumen akhir. Semua lembaga yang terlibat tersebut memiliki peran masing-masing yang penting demi keberhasilan rantai pasok pepaya dalam mencapai tujuan. Peran tersebut antara lain budidaya, sortasi, pengumpulan, pengangkutan, penyediaan modal, penyimpanan, grading, packing, pembelian dan penjualan.


Keywords


rantai pasok, pepaya, peran lembaga

References


Agustin, Tuti dkk. 2019. Kinerja Kelembagaan Agribisnis Pepaya California.Jurnal Gristan Volume 1 Nomor 2 November 2019.

Anindita, Ratya dan Nur Baladina. 2017. Pemasaran Produk Pertanian.Yogyakarta: Penerbit Andi.

Badan Pusat Statistik. 2019. Produksi Tanaman buah-buahan. Tersedia https://www.bps.go.id diakses tanggal 2 januari 2020.

Juliandi, A dan Manarung, S. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis (Konsep dan Aplikasi). Medan; UMSU Press

Marimin, Nurul MAghfiroh. 2010. APlikasi Teknik Pengambilan Keputusan dalam Manajemen Rantai Pasok. Bogor : PT Penerbit IPB Press;

Siagian, Yolanda M. 2005. Aplikasi Supply Chain Management dalam Dunia Bisnis. Jakarta; Grasindo.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D: Bandung. Alfabeta

Sutrisno, Edi. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia.Jakarta; Kencana Prenada Media Group.


Full Text: PDF

DOI: 10.21776/ub.jepa.2021.005.02.13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 J E P A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ISSN: 2598-8174