Kelayakan Agroindustri Jeruk di Desa Sukoreno Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember

Uus Fadia, Rezky Octavian Harmanto Saputro, Alfina Uswatun Hasanah

Abstract


Jeruk adalah komoditas hortikultura yang cukup digemari oleh masyarakat dan menguntungkan jika dikembangkan. Keadaan tersebut dapat disebabkan oleh jumlah produksi jeruk lokal masih sangat rendah, sehingga yang mendominasi pasar adalah jeruk impor. Pohon jeruk siam mampu beradaptasi pada beberapa kondisi iklim di Indonesia sehingga memiliki potensi yang tinggi untuk dikembangkan. Penelitian ini dilakukan di Desa Sukoreno Kecamatan Umbulsari Kabupaten jember terhadap anggota kelompok petani Sumber Makmur. Jenis dan sumber data pada kegiatan penelitian dapat dibagi menjadi dua yakni data primer dan data sekunder. Analisis data merupakan metode untuk mengolah sebuah data menjadi informasi sehingga sebuah data menjadi mudah dipahami. tiga aspek pada Agroindustri Jeruk di Desa Sukoreno Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember, diantaranya yaitu: a.Aspek pasar dan pemasaran pada usaha agroindustri sirup jeruk siam yaitu terletak pada pemilihan koperasi sebagai pasar penjualan produk. Segmen pasar agroindustri sirup jeruk berdasarkan karakteristik konsumen meliputi kelas sosial dan gaya hidup. Pasar sasaran pada agroindustri jeruk ditinjau dari status sosial meliputi masyarakat kalangan menengah ke bawah. Pemilik agroindustri jeruk melakukan persaingan produk dengan menampilkan beberapa keunggulan yang dimiliki produk sirup jeruk untuk menentukan posisi pasar. b.Aspek teknis dan teknologi dalam usaha agroindustri sirup jeruk siam meliputi pemilihan lokasi yang terletak di Desa Sukoreno, kapasitas produksi sebanyak 350 botol. Pelaksanaan produksi sirup jeruk dilakukan setiap 1 minggu sekali. Pengkoordinasian dilakukan pada karyawan ketika selesai melakukan proses produksi. Evaluasi dan pengendalian dilakukan juga untuk mengatasi berbagai kendala ketika produksi sirup jeruk finansial pada usaha agroindustri sirup jeruk siam di Desa Sukoreno Kecamatan Umbulsari dinilai dengan menghitung kriteria investasi.

 


Keywords


Agroindustri;Produk; Jeruk siam.

References


Astuti. (2017). Economic Potential Mapping Analysis In The District Of Jember Diana Dwi Astuti Stie Mandala Jember. Journal Of Oceanography, 16–33.

BPS. (2017). Provinsi Jawa Timur Dalam Angka 2017.

Prasetyo. (2017). Keterkaitan Varibilitas Angin Terhadap Perubahan Kesuburan Dan Potensi Daerah Penangkapan Ikan Di Perairan Jepara. Journal Of Oceanography, 6(1), 158–164.

Prayuginingsih, H. (2014). Kabupaten Jember [ Sensitivity Of Jember Local Citrus Competitiveness ] Agritrop Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian. 139–146.

Tobing, D., Bayu, E., & Siregar, L. (2013). Identifikasi Karakter Morfologi Dalam Penyusunan Deskripsi Jeruk Siam (Citrus Nobilis) Di Beberapa Daerah Kabupaten Karo. Jurnal Agroekoteknologi Universitas Sumatera Utara, 2(1), 96567. Https://Doi.Org/10.32734/Jaet.V2i1.5722

Wulansari, A. (2015). Kemampuan Regenerasi Kalus Embriogenik Asal Nuselus Jeruk Siam Serta Variasi Fenotipe Tunas Regeneran. March. Https://Doi.Org/10.13057/Psnmbi/M010116


Full Text: PDF

DOI: 10.21776/ub.jepa.2021.005.02.15

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 J E P A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ISSN: 2598-8174