Strategi Bersaing Pedagang Pasar Tradisional Flamboyan Menghadapi Pasar Modern di Kota Pontianak

Tri Asih, Dewi Kurniati, shenny Oktoriana3

Abstract


Perkembangan pasar modern di Kota Pontianak sangat begitu pesat yang pastinya dapat berdampak pada pasar tradisional. Keberadaan pasar modern akan mempengaruhi pola atau perilaku konsumen, sehingga tak jarang konsumen lebih memilih berbelanja di pasar modern. Kondisi tersebut merupakan suatu ancaman bagi pedagang pasar tradisional, sehingga pedagang pasar tradasional perlu adanya strategi khusus dalam mempertahankan konsumennya. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi bersaing pasar tradisional menghadapi pasar modern di Kota Pontianak. Metode yang digunakan ialah metode deskriptif dan dianalisis menggunakan SWOT. Pengumpulan data menggunakan penyebaran instrumen kuesioner bagi para konsumen, pedagang dan beberapa key informan. Hasil menunjukkan strategi bersaing pedagang pasar tradisional flamboyan menghadapi pasar modern di kota pontianak yaitu menggunakan strategi S-O, dengan memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan, meningkatkan penjualan kebutuhan-kebutuhan pokok masyarakat, menawarkan produk dengan harga yang murah dengan ciri khas budaya tawar-menawar, meningkatkan ekonomi rakyak kecil dan mencintai produk lokal. Upaya yang dapat diberikan yaitu bagi pedagang harus memelihara sarana dan prasarana dipasar, terus mempehatikan akan kebutuhan konsumen, mengubah pasar yang lebih sehat dan bersih. Bagi pemerintah juga harus selalu memperhatikan kenyamanan, keleluasan konsumen, menangani setiap keluhan, menseleksi setiap pedagang yang selalu aktif dan tidak aktif agar tidak ada stan yang kosong dan meningkatkan kemampuan sumberdaya kepada pedagang.

 


Keywords


Pedagang, Pasar Tradisional, Strategi Bersaing, SWOT.

References


Hermawan, H. (2018). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan, Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Dalam Pembelian Roti Ceria Di Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia. https://doi.org/10.17509/jaset.v3i2.8918

Indiastuti, R., Hastuti, F., & Azis, Y. (2008). Analisis Keberlanjutan Pasar Tradisional Dalam Iklim Persaingan Usaha yang Dinamis di Kota Bandung. Sosiohumaniora.

Nisak, Z. (2004). Analisis Swot Untuk Menentukan Strategi Kompetitif. Analisis Swot Untuk Menentukan Strategi Kompetitif. https://doi.org/10.1038/sc.1991.24

Noviono Utomo, F. (2013). Strategi Pedagang Tradisional Di Pasar Yang Terintegrasi Dengan Pasar Modern (Studi Kasus Pasar Besar Malang). Jurnal Ilmiah.

Nugroho, B. A. A., & Nurcahyanto, H. (2016). Strategi Pengembangan Pasar Tradisional di Kota Semarang. Journal of Public Policy and Management Review.

Rangkuti, R., & Sulistyawati, E. (2014). Pengaruh Social Influence Dan Lifestyle Terhadap Niat Membeli Pada Carrefour. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana.

Sutami, W. D. (2012). Strategi Rasional Pedagang Pasar Tradisional. Jurnal Biokultur.


Full Text: PDF

DOI: 10.21776/ub.jepa.2021.005.03.9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JEPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ISSN: 2598-8174