Analisis Stimulus Pemasaran Produk Kopi terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen (Studi Kasus pada Kafe Semasa Semarang)

Septia Ayu Permatasari, Edy Prasetyo, Siswanto Imam Santoso

Abstract


Tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk (i) mengenali pengaruh stimulus pemasaran terhadap variabel kepuasan konsumen, (ii) mengenali efek atau pengaruh dari stimulus pemasaran kepada variabel loyalitas konsumen, (iii) efek stimulus pemasaran kepada variabel loyalitas konsumen dengan variabel perantara berupa kepuasan konsumen, serta (iv) mengetahui tingkat kepuasan konsumen Kafe Semasa di Kota Semarang. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Maret 2020. Kafe Semasa dipilih sebagai lokasi penelitian didasarkan pada pertimbangan bahwa Kafe Semasa memiliki konsep outdoor café, pemanfaatan bangunan kecil di sudut ruko, dan tidak memiliki fasilitas wifi namun tetap memiliki jumlah pelanggan yang banyak. Jumlah sampel ditentukan menggunakan quota sampling sebanyak 110 pelanggan Kafe Semasa sebagai responden, sedangkan penentuan sampel dilakukan menggunakan accidental sampling. Kriteria responden adalah konsumen yang membeli produk kopi di Kafe Semasa dengan kunjungan sebanyak minimal tiga kali dalam sebulan. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan wawancara berdasarkan kuesioner yang telah dipersiapkan. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan  analisis path, analisis kepentingan dan kinerja (IPA), serta analisis index kepuasan konsumen (CSI). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variabel harga, variabel kualitas pelayanan, serta variabel promosi memiliki pengaruh secara parsial maupun bersama-sama terhadap kepuasan konsumen. Kualitas pelayanan, promosi, dan kepuasan konsumen berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Variabel kualitas pelayanan serta promosi melalui kepuasan konsumen memiliki pengaruh terhadap variabel loyalitas konsumen produk kopi Kafe Semasa. Tingkat kepuasan konsumen kafe Semasa adalah 85,2% yang memperlihatkan bahwa konsumen berada pada tingkatan sangat puas.


Keywords


kepuasan konsumen, loyalitas konsumen, stimulus pemasaran

References


AEKI (Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia). 2012. Industri Kopi Indonesia. http://www.aeki-aice.org/page/industri-kopi/id. Diakses pada 7 Oktober 2019.

Assadad, L. dan B. S. D. Utomo. 2011. Pemanfaatan garam industri pengolahan produk perikanan. J. Squalen. 6 (1) : 26 – 37.

Badan Pusat Statistik. 2018. Statistik Kopi Indonesia 2018. Badan Pusat Statistik, Jakarta.

Damanik, P. A., R. Astuti, dan R. L. R. Silalahi. 2014. Analisis kepuasan konsumen terhadap kualitas minuman kopi dengan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Costumer Satisfaction Index (CSI) di Coffee Story Malang. Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya. Malang. Thesis

Muchson, M. 2017. Statistik Deskriptif. Spasi Media, Tuban.

Ranitaswari, P. A., S. Mulyani, dan C. A. B. Sadyasmara. 2018. Analisis kepuasna konsumen terhadap kualitas produk kopi dan kualitas pelayanan menggunakan metode importance performance analysis (studi kasus di Geo Coffee). J. Rekayasa dan Manajemen Agroindustri. 6 (2) : 147 – 157.

Riduwan dan A. Kuncoro. 2012. Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis (Analisis Jalur) cetakan ke empat. Alfabeta, Bandung.

Supranto, 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar. PT Rineka Cipta, Jakarta.

Wikastra, A. F. 2017. Analisis Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UIN Jakarta.

Yola, M. dan D. Budianto. 2013. Analisis kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan dan harga produk pada supermarket dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). J. Optimasi Sistem Industri. 12 (12) : 301 – 309.


Full Text: PDF

DOI: 10.21776/ub.jepa.2021.005.03.18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JEPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ISSN: 2598-8174