Analisis Pengaruh Variabel Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Minuman Milktea oleh Mahasiswa Universitas Padjadjaran di Jatinangor

Raissa Ariany Putri, Totok Pujianto, Selly Harnesa Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan unuk menganalisis pengaruh variabel bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian minuman milktea pada mahasiswa Universitas Padjadjaran Jatinangor. Milktea merupakan minuman ready to drink hasil perpaduan teh dan susu, hasil perpaduan ini menjadikan minuman milktea banyak digemari. Penelitian ini tergolong sebagai penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel independen pada penelitian ini adalah variabel bauran pemasaran yang terdiri dari empat variabel, yaitu: produk, harga, lokasi, dan promosi  yang mempengaruhi varibel dependen yaitu, proses keputusan pembelian. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi liniear berganda dengan bantuan program Statistical Package for Social Science (SPSS) 23.0 for windows. Penelitian menunjukkan bahwa variabel produk, harga, lokasi dan promosi secara simultan dan parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, dibuktikan dengan nilai pada uji F dan uji t < 0,05. Pengaruh yang diberikan oleh variabel bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian minuman milktea pada mahasiswa Universitas Padjadjaran Jatinangor termasuk dalam kategori sedang, yaitu sebesar 42,3%.


Keywords


Keputusan Pembelian, Bauran Pemasaran, Regresi Linear Berganda

References


Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Semarang: Universitas Dipenegoro.

Hulukati, W., & Djibran, M. R. (2018). Analisis Tugas Perkembangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kottler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran, Jilid 1 Edisi 13. Erlangga. Jakarta.

Peter, J, P., & Olson, J. (2014). Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.

Puspa, A. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Minimarket Kopma Universitas Negeri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Santoso, F. (2016). Kajian Perilaku Konsumen Mahasiswa dan Kinerja Atribut Produk Minuman"Milk Tea Maica"(Studi Kasus di Lingkungan Universitas Lampung) (Vol. 53).

Santrock, J, W. (2011). Life-Span Development (Perkembangan Masa Hidup). Jakarta: Erlangga.

Sanusi, S. Y. (2004). Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Proses Keputusan Pembelian Minuman Bubble Tea (Kasus di Kotamadya Jakarta Selatan). Institut Pertanian Bogor.

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Premadamedia Group.

Sonsaka, M. (2011). Piaget dan Teori Belajar Kognitif. Universitas Gadjah Mada.

Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Swastha, B., & Irawan. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. In Jurnal Manajemen & Bisnis (Vol. 11). Yogyakarta: Liberty.

Wiridjati, W., & Risqiani, R. (2018). Fenomena Penggunaan Media Sosial dan Pengaruh Teman Sebaya Pada Generasi Milenial Terhadap Keputusan Pembelian.


Full Text: PDF

DOI: 10.21776/ub.jepa.2021.005.04.12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JEPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ISSN: 2598-8174