Analisis Kepuasan Konsumen Kopi pada Kedai Kopi di Wilayah Purwokerto

Maellinda Rossi, Dyah Ethika, Indah Widyarini

Abstract


Maraknya tren minum kopi menjadi peluang bisnis kedai kopi semakin meningkat. Peningkatan jumlah kedai kopi juga diikuti oleh perlu adanya peningkatan nilai kepuasan konsumen. Atribut kepuasan konsumen  nantinya dijadikan indikator pengukuran produktivitas serta kelangsungan hidup usaha kedai kopi dimasa datang. Pengetahuan akan kepuasan konsumen juga harus diimbangi oleh tindak lanjutnya yaitu seberapa besar keinginan konsumen dalam merekomendasi kedai kopi (willingness to recommended) dan loyalitas konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen, hubungan tiap atribut kepuasan konsumen, serta loyalitas konsumen hubungannya dengan kepuasan konsumen kopi di kedai kopi. Penelitian menggunakan metode survey di tiga kedai kopi di wilayah Purwokerto yaitu, Society Coffee, Praketa Kopi, dan Singgah Book & Coffee dengan obyek penelitiannya adalah para konsumen kopi dengan usia minimal 17 tahun dan setidaknya sudah pernah mengonsumsi kopi di salah satu kedai kopi terpilih sebanyak tiga kali. Hasil penelitian menunjukkan 1) sebagian besar konsumen sudah berada pada kriteria puas dengan nilai sebesar 75,80 persen. 2) Urutan atribut kepuasan konsumen terdiri dari rasa dan harga yang termasuk kuadran pertama; fasilitas layanan yang termasuk kuadran kedua; varian menu dan promosi yang termasuk kuadran ketiga dan lokasi yang termasuk kuadran keempat. 3) tingkat loyalitas yang sudah berada pada kategori tinggi atau sangat baik.


Keywords


atribut kepuasan konsumen, kedai kopi, loyalitas konsumen

References


Hurriyati, R. 2005. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Penerbit CV. Alfabeta. Bandung.

Pemerintah Indonesia. 2019. Keputusan Gubernur Jawa Tengah tentang Penetapan Upah Minimum Kabupaten/Kota tahun 2019. Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor 560/58 Tahun 2019. Jawa Tengah.

Sekaran, Uma dan Roger. 2013. Research Methods For Bussiness Edisi 4 Buku 2. Wiley. Jakarta

Simamora, Bilson. 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Sugiarto, Siagian, Sunaryanto dan Oetomo. 2003. Teknik Sampling. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Suyono, E., Yi, F., & Riswan. 2013. Determinant Factors Affecting The Auditor. Switching. Global Review of Accounting and Finance Vol. 4. No. 2 , 103. – 116.


Full Text: PDF

DOI: 10.21776/ub.jepa.2021.005.03.25

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JEPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ISSN: 2598-8174