Analisis Pendapatan Industri Tahu di Kota Wamena

Rein Edward Yohanes Rumbiak, Lulus Dwi Sedavit, Sumiyati Tuhuteru

Abstract


Pembangunan pertanian tidak dapat berjalan sendiri tanpa dukungan sektor ekonomi khususnya industri, dalam hal ini pengembangan industri pengolahan hasil pertanian (agroindustri) merupakan salah satu prioritas dalam pembangunan nasional di sektor perindustrian. pendapatan usaha pengolahan tahu sangat tergantung pada harga jual produk dan biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi tahu, semakin tinggi harga jual produk dan semakin rendah biaya maka semakin tinggi pendapatan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui tingkat keuntungan yang diperoleh masing-masing industri yang telah beroperasi sejak lama tersebut. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli - September 2018, pada industri tahu yang ada di Kota Wamena. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus dengan jenis data yang dikumpulkan meliputi data primer dan data sekunder. Metode analisis data menggunakan Analisis Biaya, Analisis Penerimaan, dan Analisis Pendapatan. Hasil penelitian menunjukkan usaha tahu yang dijalankan industri “Tahu Tempe Jaya” tidak menguntungkan, dibandingkan usaha tahu yang dijalankan industri “Tahu Ayu Rezeki” yang menguntungkan.


Keywords


Industri, Pendapatan, Tahu

References


Badan Pusat Statistik (BPS). 2014. Luas Lahan, Produksi dan Produktivitas Menurut Provinsi Sulawesi Tengah. Palu. Sulawesi Tengah

Daniel, M. 2002. Pengantar Ekonomi Pertanian. Bumi aksara, Jakarta.

Maftukhim, 1996. Kemungkinan Perluasan Pasar Emping Melinjo Melalui Kontrol Kualitas. Proposal Penelitian Program Pasca Sarjana UNHAS. Ujung Pandang.

Moleong, L. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. remaja Rosdakarya

Muchtadi, 2009. Teknologi Proses Pengolahan Pangan, PAU Pangan dan Gizi, IPB Bogor.

Narmin dan Antara, M. 2016. Analisis Pendapatan dan Pemasaran Tahu Pada Industri “Afifah” di Kota Palu Sulawesi Tengah. e-J. Agrotekbis 4 (4) : 468-478.

Nursalis, Rochdiani, D., dan Yuroh, F. 2017. Analisis Pendapatan Agroindustri Tahu (Studi Kasus Pada Perusahaan Tahu Pusaka di Desa Simpang Kecamatan Bantarkalong Kabupaten Tasikmalaya). Agroinfo Galuh, 4(1): 658-662.

Partowijoto. 2003. Pengantar Ekonomi Pertanian. Penerbit Bumi Aksara. Jakarta..

Rodjak, A. 2006. Manajemen Usahatani. Pustaka Giratuna. Bandung

Setiadi, N. Dan B. Nainggolan. 1988. Kedelai, Potret Komoditas yang terhempas. Kompas, 20 April 1998.

Suhdi, M. 2015. Analisis Pendapatan dan Kelayakan Usaha Industri Tahu “Dani” di Kota Palu. J. Agroland 22 (2) : 169 – 174.

Suratiyah, Ken. 2015. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya : Jakarta.


Full Text: PDF

DOI: 10.21776/ub.jepa.2021.005.04.26

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JEPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ISSN: 2598-8174