Pengaruh Bauran Pemasaran Produk Getas Wah-You terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Kota Pangkalpinang

Dina Dina, Evahelda Evahelda, Rati Purwasih

Abstract


Kota pangkalpinang memiliki potensi di sector perikanan, dimana hasil dari sektor perikanan tersebut memunculkan sebuah kegiatan usaha pengolahan hasil dari ikan. Salah satu usaha yang mengolah hasil perikanan yaitu adalah industri dengan skala rumah tangga yaitu industri getas Wah-you. Adanya banyak industri di kota pangkalpinang menyebabkan industri getas Wah-you untuk biasa bersain dengan  produk yang ditawarkan oleh industri sejenis. Sehingga dengan Penelitian ini peneliti  bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh dalam bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian akan produk getas Wah-you. Waktu dan tempat penelitian ini dilaksanakan mulai dari bulan Februari hingga bulan Agustus 2020 di Industri rumah tangga getas Wah-you. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus, jenis data yang digunakan yaitu data primer, dengan sedangkan metode penarikan contoh menggunakan metode accidental dengan jumlah respondense banyak 30 orang. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor yang berpengaruh dalam bauran pemasaran  terhadap keputusan pembelian akan getas Wahyo yaitu  variabel price. Sedangkan variabel product, promotion, dan place tidak berpengaruh nyata terhadap keputusan pembelian konsumen akan getas Wah-you


Keywords


bauran pemasaran, keputusan pembelian, produk getas wahyou

References


Amelia, A.S. 2016. Pengaruh harga dan promosi terhadap proses keputusan pembelian cafe coffe time kopo bandung. Jurnal ilmiah manajemen dan bisnis.

Ady, P. 2014. Pengaruh Metode Simulasi Dan Demostrasi Terhadap Pemahaman Konsep Bencan Tanah Longsor. Jurnal pendidikan geografi.

Akhmad, S. 2018. Dinas koperasi umkm kota pangkalpinang. Pangkalpinang: Pemerintahan Kota Pangkalpinang.

Arisa, N. 2017. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Tingkat Penjualan Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Skripsi IAIN Raden Intan Lampung: Bandar lampung

Assauri. 2012. Manajemen Pemasaran. Rajawalipers. Jakarta

Badan Pusat Statistika. 2019. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Dalam Angka. Pangkalpinang.

Ekeng, et.all. 2012. Effect of demographic characteristic on consumer implusif implusing buying among consumer of calabar municipality, cross river state. Academic research internasional.

Fawzeya, N. 2017. Pengaruh harga kualitas pelayanan dan lokasi terhadap keputusan pembelian (studi kasus rumah makan dutarasa 26 banjarbaru). Skipsi program studi managemen Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas muhamadiyah Surakarta

Ghozali, I. 2015. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 23. Universitas Diponogoro.

Husein, U. 2011. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi 11. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Jovanka, I. M . 2019.Oleh-Oleh Khas Bangka Jangan Sampai Kelewatan Mencicipi Getas Atau Keretek Ikan Tenggiri. https://bangka.tribunnews.com/2019/02/19/oleh-oleh-khas-bangka-jangan-sampai-kelewatan-mencicipi-getas-atau-keretek-ikan-tenggiri.

Diakses pada tanggal 20 november 2019.

Kotler, P dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Edisi Pertama. Jakarta :Prentice Hall, Salemba Empat.

Kotler, P dan Amstrong, G. 2014. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kusuma, L.T.W.N. 2016. Aplikasi Komputer Dan Pengolahan Data Pengantar Statistika Industri. Malang: UB Press.

Kusumaningsih. 2013. Pengaruh Shoping Lifestyle Dan Fashion Involment Terhadap Impulse Buying Behavior Konsumen Karita Muslim Square Yogyakarta.Universitas Muhamadyah Purwekerto.

Lubis, M.S.W. 2004. Bangka Belitung Tak Hanya Menyimpan Potensi Tambang. http://Perpustakaan.Bappenas.go.id.

Martono, N. 2012. Metode penelitian kuantitatif. Jakarta: PT. Raya grafindo Persada.

Nurhayati, S. 2008. Halalkah Makanan Anda?. Solo : PT. Aqwam media profetika.

Priyanto, D. 2014. SPSS 22 Pengolahan Data Terpraktis.Yogyakarta: CV Andi Offset.

Rahardja, P. 2008. Pengantar Ilmu Ekonomi. Edisi ketiga. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Riadi, E. 2015. Metode Statistika Parametrik Dan Nonparametrik Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Social Dan Pendidikan. Tanggerang: Pustaka Mandiri.

Schiffman, L.G. & Leslie L. K. 2008. Consumer Behavior. Jakarta : PT. Indeks

Segati, A. 2018. Pengaruh Persepi Setrifikat Halal, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Persepsi Peningkatan Penjualan. Jurnal ekonomi dan bisnisi islam: Universitas islam Indonesia.

Selang, C. A. D. 2013. Bauran pemasaran (Marketing Mix)Pengaruh Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Fresh Mart Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA

Silaningsih, E dan Putri, U. 2016 .Pengaruh marketing mix terhadap minat beli konsumen pada usaha mikro kecil dan menengah ( UMKM ) produk olahan makanan ringan di Kota Bogor. Jurnal manajemen Universitas Brawijaya.

Stanton,W. J. 2008. Fundamental Of Marketing. Mc. Graw Hill international. New York

Subanti, S dan Rahman, A. 2013. Ekonometrika. Jakarta: Graha ilmu.


Full Text: PDF

DOI: 10.21776/ub.jepa.2022.006.01.9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JEPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ISSN: 2598-8174