Penawaran Cabai Rawit di Kabupaten Kubu Raya

Herfianus Theo, Novira Kusrini, Shenny Oktoriana

Abstract


Kabupaten Kubu Raya merupakan daerah penghasil komoditas pertanian terpadu salah satunya cabai rawit, akan tetapi harga cabai rawit yang berfluktuasi tidak terlepas dari ketersediaan cabai rawit, yang dimana petani menjadi penentu ketersediaan cabai rawit tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran cabai rawit di tingkat petani dan mengetahui elastisitas penawaran cabai rawit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif, data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder, penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin, pendekatan yang digunakan adalah dengan pendekatan survei yaitu penelitian yang mengambil sampel dari populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data primer, penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan faktor-faktor yang berpengaruh nyata terhadap penawaran cabai rawit yaitu harga cabai rawit yang diterima petani, biaya input usahatani dan teknologi usahatani sedangkan faktor yang tidak berpengaruh terhadap penawaran cabai rawit adalah, harga cabai besar, harga bawang merah dan kebijakan pemerintah. Elastisitas penawaran terhadap harga cabai rawit bersifat inelastis positif.


Keywords


Harga, Penawaran, Elastisitas Penawaran, Usahatani Cabai Rawit

References


Atilu, F. (2013). Analisis Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Penawaran Cabai Rawit di Desa Butu Kecamtan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Gorontalo: UNG Repository.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Kubu Raya. (2018). Statistik Pertanian Tanaman Hortikultura Kabupaten Kubu Raya. Kubu Raya: Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Kubu Raya. (2019). Kecamatan Rasau Jaya Dalam Angka. Kubu Raya: Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Barat. (2017). Statistik Pertanian Tanaman Sayuran dan Buah-buahan Kalimantan Barat. Pontianak: Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Barat.

Hanafie, R. (2010). Pengantar Ekonomi Pertanian. Yogyakarta: ANDI.

Imam, G. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Imam, G. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Laily, N., & Pristyadi, B. (2013). Teori Ekonomi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Palar, N., Pangemanan, P. A., & Tangkere, E. G. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga Cabai Rawit di Kota Manado. Agri-Sosioekonomi, 12(2), 105–120.

Purwadi, D. N. A. (2016). Analisis Penawaran Cabai Merah (Capsicum Annum L.) di Kabupaten Karanganyar. Jurnal Agrista, 4(3).

PHIPS Nasional. 2019, Januari 01. Tabel Harga Berdasarkan Daerah. Retrieved Februari 14, 2020, from Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional: https://hargapangan.id/tabel-harga/pasar-tradisional/daerah

Ratnafurri, E. W. (2012). Analisis Penawaran Cabai Rawit (Capsicum Frutescens L.) di Kota Salatiga. Surakarta: UNS Repository

Rahardja, P. & Manurung, M. (2008). Pengantar Ilmu Ekonomi (Mikroekonomi dan Makroekonomi). Salemba Empat: Jakarta.

Sarina, S., Silamat, E., & Puspitasari, D. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Cabai Merah di Desa Kampung Melayu Kecamatan Bermani Ulu Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Agroqua: Media Informasi Agronomi Dan Budidaya Perairan, 13(2), 57–67.

Sofa, M. F. (2019). Pengaruh Biaya Sarana Produksi dan Tenaga Kerja Terhadap Pendapatan Usahatani Cabai Rawit Merah di Desa Kesambi Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. Agromedia, 37(1).

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yanti, N., Susrusa, K. B., & Listiadewi, I. A. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Konsumen Terhadap Cabai Rawit Di Kota Denpasar Provinsi Bali. Jurnal Agribisnis Dan Agrowisata, 8(2), 165–174.


Full Text: PDF

DOI: 10.21776/ub.jepa.2021.005.02.21

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 J E P A

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ISSN: 2598-8174