Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Mengkonsumsi Beras Organik di Kota Palembang

Bella Martela Dadas, M Yamin, Lifianthi Lifianthi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pola konsumsi dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen dalam mengkonsumsi beras organik di Kota Palembang. Penelitian ini dilaksanakan pada empat swalayan yang berbeda di Kota Palembang 2 swalayan berada di bagian Ilir Kota Palembang dan 2 swalayan berada di bagian Ulu Kota Palembang dengan Jumlah responden yang dipilih adalah 40 orang. Metode yang dilakukan dengan metode survey dan data yang digunakan adalah data primer dan sekunder.  Pengolahan data dilakukan secara deskriptif dan regresi logistik. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat tiga pola konsumsi beras organik di Kota Palembang yaitu, pola konsumsi rutin, campuran dan tidak rutin dengan hasil pola konsumsi campuran yang terbanyak yaitu yaitu sebanyak 16 orang atau 40 persen dari total responden. Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen beras dalam  mengkonsumsi beras organik (Y) adalah pendapatan (X1) , jumlah tanggungan (X2), lama pendidikan (X3), umur (X4) , dan jenis kelamin (D1) dengan hasil faktor yang berpengaruh nyata terhadap keputusan konsumen beras dalam  memilih beras organik atau anorganik untuk makanan pokok sehari-harinya berdasarkan hasil analisis regresi logistik adalah pendapatan konsumen beras (X1), Lama pendidikan konsumen beras (X3) dan jenis kelamin konsumen beras (D1) dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 pada taraf kepercayaan 95%.

 

Kata Kunci : Beras Organik,Pola Konsumsi, Keputusan Konsumen


Keywords


Beras Organik,Pola Konsumsi, Keputusan Konsumen

References


Andy Mulyana, Lifianthi, D. W. S. (2014). Konsumsi dan Stok Beras Organik dan Anorganisk Rumah Tangga di Kota Lubuk Linggau. Prosiding Seminar NasionalLahan Suboptimal, 1–7. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Leovita, A., Agribisnis, S., Pertanian, F., Padang, U. T., Kopi, A. P., & Utara, P. (2019). Analisis Permintaan Beras di Kota Padang Sumatera Barat:Pendekatan Ordinary Least Squares Demand Analysis of Rice in Padang West Sumatera : Ordinary Least Squares Approach.

Rahayuningsih, P., Prasetyowati, K., Suswadi, & Mahananto. (2016). Analisis Permintaan Beras Organik Di Kabupaten Boyolali. Jurnal AGRINECA, 16(2), 48–62. Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/AFP/article/view/554

Silalahi, N. E., Dr.Ir.Salmiah, M. ., & Ir.M.Jufri, M. S. (2013). Tingkat Konsumsi dan Pola Konsumsi Beras Masyarakat Kota Medan. Journal of Agriculture and Agribusiness Socioeconomics, 7(2), 1–16.

Tisnawati, N. M. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Konsumen Beras Organik Di Kota Denpasar. Piramida, 11(1), 13–19.


Full Text: PDF

DOI: 10.21776/ub.jepa.2022.006.01.8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JEPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ISSN: 2598-8174