Karakteristik Usahatani Pisang Mulu Bebe di Kecamatan Sahu Timur Kabupaten Halmahera Barat

Musdhalifah Kholil, Zakeus Dadi

Abstract


Pisang mulu bebe merupakan jenis pisang yang penyebaran terbanyak di Maluku Utara. Proses budidaya petani pisang mulu bebe di Kecamatan Sahu Timur hanya mengandalkan pengalaman yang secara turun – temurun dari nenek moyang mereka. Petani pisang mulu bebe di Kecamatan Sahu Timur kurang memahami, bagaimana proses mengelola/manajemen pada lahan pertanian. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui karakteristik petani pisang mulu bebe di Kecamatan Sahu Timur sehingga dapat memberikan keterangan kondisi petani dan potensi sumberdaya yang dapat dikembangkan dan manganalisis pendapatan usahatani pisang mulu bebe di Kecamatan Sahu Timur yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran kondisi sosial ekonomi petani. Desain penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Lokasi penelitian adalah di Kecamatan Sahu Timur Kabupaten Halmahera Barat. Populasi dalam penelitian ialah seluruh petani yang menanam atau membudidaya pisang mulu bebe di Kecamatan Sahu Timur. Teknik penentuan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling, sebanyak 74 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik petani pisang mulu bebe di Kecamatan Sahu Timur laki-laki sebanyak 34 orang dan perempuan 40 orang, usia petani tergolong pada usia produktif yakni 15-64 Tahun sebanyak 66 orang, mayoritas petani berpendidikan rendah sebanyak 36 orang, pekerjaan pokok mereka adalah sebagai petani 68 orang, 59 orang, petani memiliki  jumlah tanggungan keluarga 2-5 orang dengan rata-rata lama pengalaman bertani adalah 6-10 sebanyak 51 orang dan luas lahan yang dimiliki berkisar 0,5 -2 Ha atau pada kategori sedang. Rata-rata pendapatan yang diperoleh petani pisang mulu bebe adalah Rp.3.322.400 per Tahun. Saran dari hasil penelitian, petani meningkatkan hasil produksi serta dibuat produk turunan pisang mulu bebe sehingga mempunyai nilai ekonomis serta menjadikan pisang mulu bebe sebagai komoditi unggulan daerah dan  ikon Kabupaten Halmahera Barat.

 

 


Keywords


Karakteristik, Usahatani, Pisang, Mulu Bebe

References


Amir T. 2005. Dinamika pemasaran. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Asih DN. 2009. Analisis Karakteristik dan Tingkat Pendapatan Usahatani Bawang Merah di Sulawesi tengah. Jurnal Agroland. 16 (1) : 53 – 59, Maret 2009. Juga tersedia dari: http://jurnal.untad.ac.id

Azzam, A. 2016. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pendapatan Petani Pisang. Ekonomi Pembangunan. Juga tersedia dari: http://eprints.umm.ac.id

Bismo Purna Saputra, 2017. Analisis Kelayakan Usahatani Pisang Desa Sidomulyo Kecamatan Bambang lipuro Kabupaten Bantul. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Juga tersedia dari: http://repository.umy.ac.id

Boediono. 1992. Pengantar Ekonomi Mikro. Surabaya.

Boere. 2008. Berbagai Teori Karakteristik Manusia. Jakarta: Pustaka Budiman.

[BPS] Badan Pusat Statistik Halmahera Barat, 2013.

Kawau et all. 2015. Analisis pendapatan rumah tangga dari tanaman kelapa di Desa Rebo Kecamatan Sungai Liat Kabupaten Bangka. Jurnal Pertanian dan Lingkungan. Volume 3. No. 1. Hal 10.

Manyamsari I, Mujiburrahmad. 2014. Karakteristik petani dan hubungannya dengan kompetensi petani lahan. Jurnal Agrisep. Vol 15, No 2 (2014).

Marisa 2010, Skripsi Pendapatan Usahatani Tebu (Studi Kasus Pt. Pg Rajawali Ii Unit Pg Tersana Baru, Babakan, Ciribon, Jawa Barat). Program Studi Agribisnis. Universitas Islam Negeri (Uin). Jakarta.

Mulyadi. 2010. Akuntansi Biaya. Yogyakarta: Convestion Costing, Just In.

Patty Z. 2010. Kontribusi komoditi kopra terhadap pendapatan rumah tangga tani di Kabupaten Halmahera Utara. Jurnal Agrovoresti.

Pangandaheng, Yanti, 2012. Analisis Pendapatan Petani Kelapa di Kecamatan Saliabu Kabupaten Talaud. Skripsi. Universitas Sam Ratulangi Manado.

Purwanto Agung, Budi Muhammad Taftazani. 2018. Pengaruh Jumlah Tanggungan Terhadap Tingkat Kesejahteraan Ekonomi Keluarga Pekerja K3l Universitas Padjadjaran. Jurnal Pekerjaan Sosial. Volume 1, No. 2. (2018).

Rivai Arham, Bonar M. Sinaga, Hermanto Siregar, Harianto, 2020. Karakteristik Rumahtangga Petani Usaha Padi Penerima Pkh Di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, Volume 4, Nomor 1 (2020): 123-132.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Penerbit Alfabeta Bandung.

Sadono S. 2006. Mikro Ekonomi (Teori Pengantar). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suratiyah 2009, Ilmu Usahatani. Penerbit Penebar Swadaya (Ps) Depok. Indonesia.


Full Text: PDF

DOI: 10.21776/ub.jepa.2022.006.01.25

Refbacks



Copyright (c) 2022 JEPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ISSN: 2598-8174