Variasi Harga dan Integrasi Pasar Vertikal Bawang Merah di Kabupaten Brebes

Amalia Ilma Zain, Tatang Widjojoko, Alpha Nadeira Mandamdari

Abstract


Kabupaten Brebes merupakan salah satu kabupaten sentra produksi bawang merah di Jawa Tengah bahkan nasional. Bawang merah sering mengalami ketidakpastian harga yang disebut sebagai fluktuasi harga. Transmisi harga yang tidak simetris menimbulkan respon harga yang tidak sama antara guncangan kenaikan harga dengan saat terjadi penurunan harga. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui tingkat variasi harga bawang merah di Kabupaten Brebes, (2) Menganalisis integrasi pasar vertikal bawang merah di Kabupaten Brebes dan (3) Mengetahui faktor yang menyebabkan terjadinya integrasi pasar atau tidak terjadi integrasi pasar. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 26 Juni-30 Juli 2020 di Kabupaten Brebes. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis variasi harga dan analisis integrasi pasar vertikal yang meliputi uji stasioneritas, uji lag optimal, uji kointegrasi johansen, uji kausalitas granger, uji vector error correction model (VECM), impulse response, dan variance decomposition. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi harga yang terjadi antara petani dan pedagang eceran bawang merah di Kabupaten Brebes adalah tinggi dan tidak stabil. Berdasarkan analisis integrasi pasar vertikal bawang merah di Kabupaten Brebes didapatkan hasil bahwa antara petani dan pedagang pengecer terjadi integrasi pasar vertikal namun masih relatif lemah baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek. Terjadinya integrasi pasar disebabkan oleh beberapa faktor antara lain produksi yang tidak seimbang antar daerah, pergeseran permintaan dan penawaran, fasilitas penyimpanan serta penyaluran informasi harga yang belum sempurna dan merata.


Keywords


Bawang Merah; Integrasi Pasar; Vector Error Correction Model (VECM)

References


Annisa, I., Ratna W. A. & Rita N. 2018. Efisiensi Pemasaran Bawang Merah (Kasus: Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah). Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(2): 254-271.

Badan Pusat Statistik. 2019. Luas Panen, Produksi, dan Rata-Rata Produksi Bawang Merah di Kabupaten Brebes 2012-2018. (On-line). https://brebeskab.bps.go.id/dynamictable/2019/12/01/110/luas-penen-produksi-dan-rata-rata-produksi-bawang-merah-di-kabupaten-brebes-2012--2018.html diakses 10 Februari 2020.

Basuki, A.T. & Nano P. 2016. Analisis Regresi dalam Penelitian. Ekonomi & Bisnis (Dilengkapi Aplikasi SPSS dan Eviews).Cetakan Pertama, Rajawali Pers. Jakarta.

Jumiana, W., Azhar, & Edy M. 2018. Analisis Variasi Harga dan Integrasi Pasar Vertikal Cabai Merah di Kabupaten Gayo Lues. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian Unsyiah, 3(4): 577-592.

Rosadi, D. 2012. Ekonometrika dan Analisis Runtun Waktu Terapan dengan EViews. Penerbit ANDI, Yogyakarta.

Zunaidah, A. D., Budi S., & Ratya A. 2015. Analisis Integrasi Pasar Apel (Kasus di Desa Sumbergondo, Kota Batu, Jawa Timur). Habitat, 26(3): 183-194.


Full Text: PDF

DOI: 10.21776/ub.jepa.2022.006.02.2

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JEPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ISSN: 2598-8174