Strategi Pengembangan Agribisnis Sapi Potong di Kabupaten Mamuju

Munawir Jumaidi Syadsali, Syahriadi Kadir, Aslina Asnawi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan agribisnis ternak sapi potong di Kabupaten Mamuju dan merumuskan alternatif dan prioritas strategi yang dapat diterapkan dalam proses pengembangannya. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Responden dalam Penelitian ini di tentukan secara purposive sampling dengan mewawancarai tiga puluh tiga informan yang juga adalah responden. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang di dukung oleh data yang di analisa secara kuantitatif. Penelitian ini mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang kemudian dianalisis dengan menggunakan matriks internal eksternal (IE). Hasil dari matriks IE digunakan sebagai rujukan untuk menyusun Strategi pengembangan dengan menggunakan matriks SWOT. Alternatif strategi pengembangan yang diperoleh kemudian dianalisa menggunakan QPSM untuk menentukan prioritas strategi yang akan dijalankan. Hasil penelitian menunjukkan Matriks IE (Internal Eksternal) berada di sel V yaitu Konsentrasi melalui Integrasi Horizontal. Strategi ini kemudian dirumuskan di Matriks SWOT  dan menghasilkan tujuh strategi pengembangan. Strategi tersebut dianalisa menggunakan QSPM untuk mengetahui prioritas dari strategi yang dihasilkan untuk pengembangan agribisnis sapi potong di Kabupaten Mamuju. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari pengolahan QSPM, diperoleh tiga strategi prioritas untuk Pengembangan Agribisnis Sapi Potong di Kabupaten Mamuju sesuai urutan yaitu 1). Mendorong terbentuknya organisasi di tingkat desa baik Bumdes atau Koperasi untuk mendukung usaha pengembangan sapi potong, 2). Mendorong peningkatan populasi di wilayah pakan tinggi dengan intervensi modal pemerintah atau swasta untuk jenis sapi bali, dan 3).Penguatan Peran Kelembagaan Peternak baik dari segi manajemen maupun perannya untuk memberdayakan anggota kelompok.


Keywords


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan agribisnis ternak sapi potong di Kabupaten Mamuju dan merumuskan alternatif dan prioritas strategi yang dapat diterapkan dalam proses pengembangannya. Penelitian ini

References


Abduh, Muhammad. 2019. Efek samping dari program upaya khusus sapi induk wajib bunting (UPSUS SIWAB) untuk masyarakat Pedesaan. KJF Kabupaten Mamuju. Mamuju

Badan Perencanaan Statistik. 2015-2019. Sulawesi Barat dalam Angka. Mamuju

Badan Perencanaan Statistik. 2015-2019. Mamuju dalam Angka. Mamuju

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. 2007. Research Methods in Education (6th ed.). London, New York: Routllege Falmer

David FR. 2012. Konsep Manajemen Strategi, Edisi 12. Salemba Empat. Jakarta.

David FR. 2017. Konsep Manajemen Strategik, Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing (Edisi 15). Jakarta(ID) : Salemba Empat.

Kementerian Pertanian. 2016. Atlas Peta Potensi Kawasan Peternakan Pengembangan Sapi Potong Sulawesi Barat. Jakarta.

Kementerian Pertanian Direktorat Peternakan dan Kesehatan Hewan. 2019. Statistik Peternakan dan Kesehatan Hewan. Jakarta.

Kinnear TC, TaylorJR. 2003. Riset Pemasaran (Penerjemah Thamrin). Edisi Tiga. Erlangga. Jakarta (ID).

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Rangkuti F. 2013. Riset Pemasaran. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta

Siregar AR. 2019. Persaingan Usaha Peternakan di Era Revolusi Industri. Seminar Nasional Persepsi IV (Perhimpunan Ilmuwan Sosial Ekonomi Peternakan) Makassar , 21-22 Agustus 2019.


Full Text: PDF

DOI: 10.21776/ub.jepa.2021.005.03.28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JEPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

ISSN: 2598-8174